Iklan Konvensional vs Iklan Digital

Iklan adalah cara dari sebuah brand untuk mempromosikan produknya kepada audience. Brand akan menaruh iklan mereka di semua media yang mendapat atensi dari audience. Karena potensi atensi dari audience sangatlah besar, semua brand berlomba-lomba untuk membuat iklan yang sekreatif dan semenarik mungkin. Iklan sendiri terbagi menjadi 2, yaitu iklan konvensional dan iklan digital.

Iklan konvensional adalah menggunakan media tradisional seperti televisi, radio, koran, majalah, billboard, brosur, dan lain-lain. Sementara iklan digital menggunakan media online seperti media sosial, web, blog, aplikasi online, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, dengan semakin banyaknya pengguna internet bukan cuma di Indonesia tetapi juga di dunia, iklan digital dianggap menjadi media yang sering dipilih oleh brand karena memiliki fleksibilitas lebih besar dan berpotensi menjadi media yang interaktif.

Iklan digital dianggap lebih efektif karena brand bisa memilih target audience secara spesifik sesuai dengan demografisnya meliputi usia, hobi, lokasi geografis, dan lain-lain. Selain itu, hasil dari iklan digital dapat dipantau dan diukur secara akurat berdasarkan data yang didapatkan setiap harinya. Hal inilah yang membuat iklan konvensional kurang diminati oleh brand karena hasil iklan tidak dapat diukur secara akurat.

Iklan digital juga memungkinkan interaksi yang lebih intens dengan audience melalui fitur-fitur seperti komentar, like, share, dan fitur lainnya. Hal ini bisa memberikan pengalaman yang unik dan berbeda untuk audience. Dari segi biaya, iklan konvensional cenderung lebih mahal karena iklan konvensional biasanya ditempatkan di lokasi yang strategis seperti jalan raya. Sementara, iklan digital memberikan lebih banyak opsi yang sesuai dengan budget yang dimiliki oleh brand, mulai dari iklan berupa clickbait, desain sederhana, sampai iklan yang berupa video.

Dapat disimpulkan bahwa iklan digital memiliki keunggulan dari beberapa aspek dibanding iklan konvensional. Tetapi, bukan berarti iklan konvensional tidak efektif bila digunakan. Akan lebih baik jika brand dapat memaksimalkan kedua jenis iklan tersebut baik digital maupun konvensional. Ingin tahu cara memaksimalkan iklan digital brand milikmu? Langsung saja konsultasikan dengan Co&Act! Co&Act siap membantu kamu untuk memaksimalkan iklan digital brand-mu untuk dilihat oleh banyak audience setiap harinya.