Maintaining Media Sosial, Terlihat Mudah Tapi Apa Benar Semudah Itu?

Di era digital sekarang, media sosial menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang selalu diakses dan dilihat oleh orang setiap harinya. Instagram, Facebook, Twitter (sekarang menjadi X), Tiktok, Youtube, dan masih banyak lagi media sosial yang tidak pernah berhenti diakses selama 24 jam nonstop.

Hal ini membuat media sosial menjadi wadah yang sempurna untuk memberikan informasi atau hiburan dengan tujuan untuk mengedukasi, mengajak, dan menghibur masyarakat. Di Indonesia sendiri, per Januari 2023 terdapat 167 juta orang di Indonesia yang merupakan pengguna media sosial aktif (sumber: we are social).

Jumlah pengguna media sosial yang besar itu menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal seperti melakukan campaign atas suatu gerakan atau promosi barang dan jasa. Masalahnya, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara melakukan campaign atau promosi yang efektif.

Untuk bisa melakukan promosi atau campaign yang efektif di media sosial, kita harus tahu cara mengatur konten dari akun media sosial tersebut atau yang disebut dengan social media maintenance. Social media maintenance meliputi pengaturan hal-hal apa yang akan di-posting, image seperti apa yang ingin dibangun, cara membuat konten yang menarik dan mudah dipahami, serta timing yang tepat untuk meng-upload konten. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan engagement yang stabil.

Banyak orang menganggap kegiatan social media maintenance adalah kegiatan yang mudah karena mereka sering tidak memperhatikan detail yang ada di dalam konten tersebut. Selain itu, meng-upload konten ke media sosial bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa meng-upload konten ke media sosial mereka dengan simpel dan cepat. Padahal, media sosial bisa dianggap sebagai wajah lain dari pemilik akun tersebut. Artinya, media sosial memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan image dan branding dari pemilik media sosial tersebut di masyarakat.

Social media maintenance adalah kegiatan yang cukup kompleks karena melibatkan beberapa pekerjaan seperti membuat konsep, produksi konten, membuat jadwal konten, desain grafis, pengeditan, dan membuat caption yang tepat untuk konten tersebut. Artinya, untuk menciptakan konten yang menarik dan mudah dipahami oleh audience, dibutuhkan perencanaan yang matang dan proses yang panjang.

Karena itulah, terkadang sebagian perusahaan atau usaha mandiri pada akhirnya memakai jasa suatu agensi untuk melakukan social media maintenance terhadap akun media sosialnya agar mendapat engagement yang bagus dan stabil karena ini berkaitan dengan sisi marketing dari perusahaan atau usaha mandiri tersebut agar bisa menggapai orang sebanyak - banyaknya.

Co&Act Creative Hub sebagai agensi kreatif siap membantu kamu untuk melakukan social media maintenance seperti mengembangkan konten media sosial yang stabil dan dapat menarik perhatian audience. Selain itu, Co&Act menawarkan jasa-jasa lain seperti Communication Strategy, Media Plan & Strategy, Creative Design, Production House, App & Web Development, Event Organizer, dan Procurement Of Goods & Service.