Website Optimization Untuk Memaksimalkan Potensi Website

website-development-1536x891.jpg sumber: reliablesoft.net

Pengertian Website Optimization

Website optimization adalah proses meningkatkan traffic, kinerja, dan kegunaan website. Tujuan akhir dari website optimization adalah untuk menciptakan website yang melayani audience dengan lebih baik. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan peringkat di search engine, konversi yang lebih tinggi, lebih banyak penjualan, dan bisnis yang lebih menguntungkan secara keseluruhan. Dengan melakukan hal ini, ini menciptakan lingkungan terbaik bagi pengunjung website untuk berubah menjadi audience yang puas dan kembali lagi ke brand kita.

Mengelola dan memelihara website memerlukan konsistensi sekaligus upaya untuk menjaga website kita berjalan lancar dan konten brand kita relevan serta menarik. Ini mungkin tampak seperti prestasi yang luar biasa, terutama jika brand kita memiliki website yang besar dan kompleks atau beberapa website, oleh karena itu lebih baik memecahnya menjadi beberapa area pengoptimalan website.

Website optimization untuk audience dapat membantu brand mendapatkan kepercayaan audience, memulai membangun hubungan, dan memungkinkan brand menjual produk tanpa harus melakukan panggilan promosi khusus. Website optimization menggabungkan berbagai disiplin ilmu untuk memastikan website brand kita berkinerja ideal di semua bidang mulai dari SEO, copywriting, analytics, UX design, website development, hingga landing page optimization.

Website optimization merupakan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan kinerja website dan juga merupakan bagian penting dari Conversion Rate Optimization (CRO). Idealnya, setiap audience potensial yang mengunjungi website akan menyukai apa yang mereka lihat atau melakukan sesuatu dengan baik mereka biasanya bersedia menghubungi brand, mengirimkan formulir, mendaftar dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga bahwa dalam dunia digital marketing, tindakan ini disebut “conversion atau konversi” dan “conversion rate (rasio tingkat konversi)” untuk menunjukkan persentase pengunjung yang benar-benar melakukan apa yang brand inginkan. Semakin baik website suatu brand dalam memenuhi kebutuhan audience, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengonversi. Jadi, jika brand melakukan website optimization, brand bisa mendapatkan lebih banyak nilai dari traffic web.

Tujuan Website Optimization

Tujuan website suatu brand akan berbeda-beda bergantung pada jenis bisnis, target audience, dan tindakan yang diinginkan dari audience tersebut seperti pembelian, mengisi formulir, atau membaca artikel. Tindakan yang diinginkan audience pengunjung website juga dapat berupa konversi, atau jumlah audience yang menyelesaikan tindakan tertentu.

Contohnya:

  • Publikasi online dengan mempraktikkan website optimization disertai tujuan konversi meningkatkan jumlah artikel yang dibaca audience.

  • Toko online melakukan website optimization untuk mendorong penyelesaian pembayaran dan pembelian berulang.

  • Perusahaan perangkat lunak online melakukan website optimization untuk meningkatkan tingkat audience yang mendaftar (atau mengonversi ke) uji coba gratis produk tersebut.

  • Perusahaan asuransi melakukan website optimization untuk mendapatkan lebih banyak prospek potensial untuk penjualan pertanggungan asuransi.

  • Kampanye penggalangan dana mengoptimalkan formulir donasi mereka untuk mendorong lebih banyak donasi.

Jika brand tidak mengoptimalkan website dan kontennya, tidak masalah berapa banyak audience yang menelusuri keyword yang relevan dengan brand kita, web tidak akan muncul di hasil pencarian search engine. Website dari brand kita tidak akan diperhatikan oleh siapapun. Namun ketika brand melakukan website optimization, brand menempatkan dirinya pada area pencarian di search engine. Audience akan mencari keyword yang relevan kemudian website serta brand kita akan selalu muncul.

Manfaat Website Optimization

Banyak manfaat yang bisa brand peroleh dengan melakukan website optimization. Berikut adalah beberapa manfaat dari website optimization:

1. Meningkatkan Traffic

Melakukan website optimization dan SEO dapat memudahkan audience untuk menemukan konten brand kita secara organik melalui search engine.

2. Meningkatkan Pemasaran Lewat Konversi

Dengan adanya peningkatan traffic, muncul juga peningkatan peluang calon pelanggan potensial berubah menjadi pelanggan yang membeli. Dan dengan mengoptimalkan kualitas konten, brand dapat menciptakan pengalaman terbaik yang akan membina audience serta prospek ke depannya.

3. Meningkatkan Brand Awareness dan Visibilitas Brand

Manfaat lain dari website optimization adalah memberi brand lebih banyak peluang untuk menampilkan merek brand-nya dan terhubung dengan audience yang tepat serta sesuai target sasaran melalui konten yang relevan.

4. Meningkatkan Reputasi Brand dan Brand Experience

Dengan pengalaman yang konsisten dan mengutamakan audience di website brand kita, website optimization juga dapat meningkatkan reputasi brand. Website brand adalah perpanjangan dari brand, jadi pengalaman positif di website brand kita dapat membantu kita mendapatkan audience yang akan menjadi pelanggan setia.

5. Menghemat Anggaran Pemasaran

Keuntungan besar lainnya adalah brand membayar lebih sedikit untuk iklan. Ketika website brand kita diberi peringkat secara organik dan dioptimalkan untuk menghasilkan konversi pada tingkat yang lebih tinggi, brand dapat mengurangi penggunaan iklan berbayar. dengan traffic organik, brand tidak perlu membayar apa pun untuk traffic. Brand telah berinvestasi untuk mencapai peringkat ini, namun setelah brand membuktikan kepada Google bahwa website atau halaman kita memiliki nilai, itu bisa menjadi sumber traffic pasif jangka panjang.

Hal-Hal yang Dapat Dioptimalkan Dari Website Brand

Ada banyak area di website brand kita yang dapat dioptimalkan. Meskipun beberapa area saling tumpang tindih, tetapi area tersebut saling bekerja sama untuk menghasilkan pengalaman terbaik bagi audience. Inilah hal-hal yang dapat dioptimalkan dari website brand kita:

  • SEO: pastikan website dan konten brand dioptimalkan untuk search engine, sehingga website brand kita akan berada di peringkat teratas hasil pencarian untuk _keyword yang relevan

  • Website Performance: tingkatkan kecepatan website brand kita untuk memastikan website dimuat secepat mungkin untuk pengalaman yang lebih lancar

  • Website Hosting: mengelola sumber daya server website secara efisien, seperti mengoptimalkan penggunaan database untuk meningkatkan kecepatan website

  • Mobile Optimization: memastikan pengalaman yang baik untuk layar yang lebih kecil, seperti tablet dan smartphone

  • Design and User Experience Optimization: tingkatkan tampilan website brand kita dan cara menavigasi audience, serta pastikan website memberikan alur yang jelas dalam perjalanan audience

  • Conversion Rate Optimization: tingkatkan jumlah traffic website yang berubah menjadi audience berlangganan atau audience berbayar

  • Website Personalization: terhubung dengan audience dengan menyesuaikan pengalaman mereka di website brand kita berdasarkan kebutuhan mereka

  • Website Internationalization: mengoptimalkan pengalaman traffic di setiap negara, sehingga brand dapat memastikan setiap audience mendapatkan informasi yang relevan untuk wilayah mereka

  • Website Accessibility: memastikan semua orang, termasuk penyandang disabilitas dan yang menggunakan berbagai teknologi pendukung dapat menggunakan website dengan mudah

  • Content Optimization: tingkatkan konten agar informatif, relevan, konsisten dengan brand kita, dapat dirayapi oleh search engine dan kompatibel dengan teknologi pendukung

Itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang website optimization. Melakukan website optimization akan membantu pemasaran brand untuk memberikan kesan dan pengalaman positif kepada audience. Untuk membantu website optimization brand kamu, Co&Act Creative Hub dapat mengakomodasi hal tersebut. Connact akan membantu brand kamu untuk melakukan website optimization sehingga website brand kamu akan dikunjungi oleh banyak audience. Hubungi Co&Act Creative Hub sekarang!