Video Advertising: Metode Pemasaran yang Wajib Diketahui Brand

19199626-scaled-e1673314023856-980x551.jpeg sumber: kompas.com

Video advertising adalah cara brand mempromosikan dan menjual produk atau layanan menggunakan video. Tidak seperti gambar atau teks, video menghidupkan ide, cerita, dan produk. Itulah yang membuat video advertising begitu menarik. Iklan video menyederhanakan konsep, menarik perhatian, dan membujuk audience untuk bertindak. Video advertising menggabungkan visual, audio, dan motion. Jika dilakukan dengan benar, video dapat menyampaikan pesan brand dengan cara yang melekat di kepala audience.

Banyak brand mengakui bahwa video advertising membantu meningkatkan brand awareness, berkomunikasi dengan audience target mereka, dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Menurut Biteable, 60% perusahaan membuat video promosi karena mereka yakin video tersebut efektif. Berbagai alasan menjelaskan mengapa sebagian besar brand menganggap video sebagai materi promosi mereka.

Manfaat dari Video Advertising

  1. Meningkatkan Engagement

Menarik perhatian audience adalah kunci dalam dunia pemasaran digital yang ramai, dan video advertising memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan jenis iklan online lainnya. Video advertising meningkatkan engagement karena hal ini tidak sekedar memberi tahu produk brand kita tetapi juga sekaligus menunjukkannya. Video advertising yang unik dan menarik akan membuat orang lebih cenderung mengingat dan terlibat dengan konten brand kita.

  1. Meningkatkan Conversion Rate

Katakanlah seorang audience menginginkan smartphone baru dan membuka halaman produk yang diinginkan dengan daftar fitur yang dimiliki smartphone tersebut. Halaman Ini memang informatif, tetapi tidak membuat audience terdorong untuk membeli. Sekarang bayangkan halaman tersebut disertai dengan video yang menunjukkan fitur-fitur dari smartphone tersebut. Tiba-tiba tombol “Beli Sekarang” akan menjadi menarik bagi audience. Video advertising membuat audience merasa telah mendapatkan manfaat dari produk atau layanan dari brand kita. Dengan menunjukkan kepada mereka produk baru untuk dicoba, brand membangkitkan selera audience untuk melihatnya sendiri. Hal ini mempermudah membujuk mereka untuk bertindak dan meningkatkan conversion rate.

  1. Terjalin Hubungan Secara Emosional Dengan Audience

Bayangkan jika seorang audience menonton video, dan video tersebut membuatnya merasakan perasaan hangat, senyuman di wajah audience, atau bahkan mungkin air mata berlinang. Itulah keajaiban bercerita dalam iklan video. Ini bukan hanya tentang menonton. Ini tentang perasaan emosional. Beriklan dengan video memiliki kekuatan unik untuk terhubung dengan audience secara mendalam dan emosional. Ini seperti ikatan antara audience dan brand yang muncul setelah video berakhir.

Hal ini cukup penting karena hubungan emosional mengarah pada loyalitas audience kepada brand. Ketika audience merasakan ikatan yang tulus dengan brand kita, mereka cenderung memilih brand kita dibandingkan brand kompetitor.

  1. Mudah Untuk Disebarkan

Video adalah jenis konten yang paling mudah disebarkan dan hal ini sangat penting di dunia digital saat ini. Karena ketika orang-orang membagikan video brand kita, video tersebut menjangkau jauh melampaui perkiraan tanpa upaya tambahan dari brand kita. Penyebaran video dapat meningkatkan visibilitas brand kita, mendorong lebih banyak traffic, dan memperluas jangkauan brand dengan cara yang tidak dapat ditandingi oleh bentuk konten lain.

Jenis-jenis Video Advertising

Video advertising yang luar biasa dapat membantu brand menjangkau audience dan menarik perhatian mereka. Brand dapat menjalankan video iklannya di Youtube atau platform berbagi video lainnya untuk mendapatkan lebih banyak eksposure. Untuk memilih format iklan video yang tepat bagi brand kita, brand perlu mengetahui lebih banyak tentang opsi yang tersedia dan fitur-fitur-nya. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. In-Stream Ads

Audience dapat melihat jenis iklan ini ketika konten video diputar sebelum, selama, atau setelah video utama di Youtube atau platform lainnya. Iklan singkat di sela-sela video ini dapat dilewati atau tidak dapat dilewati. Iklan ini membantu membangun brand awareness, menjangkau prospek dan audience, serta mengarahkan traffic organik ke website.

  1. Out-Stream Ads

Out-stream Ads adalah iklan khusus tampilan mobile yang dapat ditemukan audience di luar Youtube. Out-stream Ads muncul di aplikasi dan website. Audience dapat dengan mudah mengenali Out-stream Ads karena iklan tersebut diputar tanpa suara. Jika audience tertarik dengan produk yang dipromosikan, orang tersebut dapat mengetuk video tersebut untuk membunyikannya dan menerima semua informasi yang diperlukan. Jenis iklan video ini sangat cocok bagi brand yang perlu meningkatkan jangkauannya dengan harga terjangkau.

  1. Bumper Ads

Bumper Ads adalah iklan berdurasi 6 detik yang tidak dapat dilewati dan dapat muncul sebelum, selama, atau setelah video utama. Orang-orang dapat menemukan jenis iklan video ini di Youtube, website, dan aplikasi. Brand yang menggunakan bumper ads membayarnya berdasarkan jumlah tayangan iklan. Jika sebuah brand berusaha menjangkau audience targetnya dengan pesan yang jelas dan singkat, tipe ini adalah pilihan yang tepat.

  1. Video Discovery Ads

Jenis iklan ini dapat ditemukan di video YouTube terkait, hasil penelusuran YouTube, atau di beranda Youtube untuk perangkat mobile. Iklan tersebut menyertakan thumbnail (cuplikan video) dan teks pendek. Durasi video promosi ini bisa berbeda-beda tergantung penempatannya, namun jenis iklan ini selalu berisi ajakan untuk menonton video tersebut.

  1. Masthead Ads

Masthead Ads adalah iklan video besar yang menarik perhatian yang biasanya ditempatkan di bagian atas beranda Youtube selama 24 jam. Eksistensinya yang menonjol dan kemampuannya menjangkau jutaan orang per hari menjadikannya salah satu format iklan video dengan visibilitas tertinggi dan paling banyak dicari di platform Youtube. Jenis iklan ini sempurna untuk mempromosikan produk baru dan meningkatkan brand awareness. Ini akan membantu brand menjangkau khalayak luas dan menciptakan gebrakan dalam jangka waktu singkat. Audience dapat melihat video iklan diputar secara otomatis dengan suara dimatikan selama sekitar 30 detik di bagian atas feed beranda Youtube.

Itulah sekilas hal-hal yang perlu kamu ketahui soal video advertising. Untuk memahami lebih jauh soal video advertising, kamu bisa menghubungi Co&Act Creative Hub yang merupakan agensi kreatif dan sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai macam metode pemasaran seperti video advertising. Ingin mencobanya? Hubungi Co&Act sekarang!