Ingin Website Kamu Lebih Optimal? Simak 8 Rekomendasi Aplikasi Website Optimization!

homealtafguestpostcartGuestPostCartmediatempeb1763aa-e54d-4d67-84ab-9d9959dfb408-1024x536.jpg sumber: pushengage.com

Website optimization membutuhkan effort yang berjalan secara terus-menerus. Brand harus kreatif, mudah beradaptasi, dan konsisten mencoba hal-hal baru agar tetap unggul dalam persaingan. Selain itu semua, brand harus siap ketika search engine melakukan perubahan pada algoritmanya. Memiliki tools atau aplikasi yang dapat membantu website optimization akan membuat prosesnya lebih mudah dan intuitif. Ada banyak sekali opsi aplikasi yang dapat dipilih, termasuk alat khusus dan perangkat lunak lengkap.

Banyaknya aplikasi untuk website optimization dapat mempersulit pemilihan aplikasi yang tepat. Beberapa diantaranya lebih baik untuk inisiatif pemasaran yang lebih kompleks sementara yang lain cukup sederhana untuk pengguna individu. Berikut adalah aplikasi-aplikasi terbaik untuk melakukan website optimization di tahun 2024, yaitu:

1. ClickUp

ClickUp adalah manajemen proyek pemasaran yang penting untuk berbagai tugas website optimization. Aplikasi ini dirancang sebagai pusat lengkap untuk proses website optimization, seperti melacak kalender konten dan promosi postingan blog, atau menelusuri proyek CSS dan HTML. Fitur-fitur yang ada di ClickUp diantaranya adalah:

  • Terintegrasi dengan banyak aplikasi pemasaran, termasuk HubSpot, Grammarly, dan Jira yang memberi brand lingkungan kerja website yang lancar

  • Memiliki lebih dari 1000 template untuk mengoptimalkan halaman arahan, plugin, pop-up, dan lainnya dalam waktu lebih singkat

  • Real-time collaboration yang berarti brand dapat mengerjakan perubahan konten langsung di aplikasi

  • ClickUp AI membuat penulisan deskripsi produk, salinan halaman website, dan artikel blog lebih mudah

  • Brand dapat membuat database konten dengan tampilan tabel dan area custom seperti URL artikel, cluster topik, CTA, penulis, dan content score

  • Terdapat pemicu otomatisasi tugas, seperti menandai manajer ketika tugas sudah lewat waktunya, membantu menjaga proyek tetap sesuai jadwal

  • Memungkinkan brand membatasi akses ke tugas-tugas tertentu saat bekerja dengan freelance, sementara tampilan publik memungkinkan brand memberikan tampilan tingkat tinggi kepada klien tentang apa yang sedang brand kita kerjakan.

2. Qualaroo

Qualaroo adalah aplikasi website optimization berbasis feedback yang memungkinkan brand menangkap suara audience untuk menunjukkan dengan tepat masalah yang dihadapi pengunjung di website brand kita. Brand dapat menerapkan survei bertarget di halaman website-nya dan mengumpulkan feedback pengalaman audience. Aplikasi ini menawarkan jangkauan multi-saluran seperti website, seluler, produk SaaS, dll. Selain itu, terdapat mesin analisis berbasis AI yang canggih memudahkan brand mengekstrak wawasan berharga dan menyalurkannya ke dalam pengoptimalan dan strategi website optimization brand kita. Fitur-fitur yang ada di Qualaroo diantaranya adalah:

  • Menyediakan template survei siap pakai untuk merancang berbagai jenis survei seperti exit-intent, NPS, CSAT, SUS, dll.

  • Menawarkan fitur seperti 12+ jenis jawaban, skip-logic, 100+ bahasa, dan terjemahan bahasa survei otomatis.

  • Analisis sentimen berbasis AI bawaan untuk menggali masukan secara real-time.

  • Adanya opsi penargetan lanjutan untuk menargetkan survei kepada pengunjung berdasarkan halaman, sumber traffic, lama atau kedalaman kunjungan, jumlah kunjungan, aktivitas, dan banyak lagi.

  • Pahami niat audience dengan percabangan pertanyaan yang cerdas

  • Tersedia fitur untuk terintegrasi dengan Mailchimp, Marketo, HubSpot, Eloqua, Zapier, dll.

3. Semrush

Semrush adalah salah satu aplikasi website optimization terbaik untuk menjalankan audit situs dan melakukan penelitian kata kunci. Gunakan fitur audit untuk menjalankan lebih dari 130 pemeriksaan guna menemukan masalah pengoptimalan search engine, menilai data vital website, dan meningkatkan pengoptimalan kecepatan. Aplikasi penelitian keyword memungkinkan brand menganalisis tren traffic organik untuk melihat istilah apa yang diperingkat pesaing brand kita dan menemukan ide konten baru. Dengan aplikasi magic keyword, brand bisa mendapatkan ide baru dari satu keyword awal, dan kita dapat melihat area di mana brand mungkin kehilangan konten dalam penelusuran organik. Fitur-fitur yang ada di Semrush diantaranya adalah:

  • Meningkatkan traffic website menggunakan audit SEO pada halaman SEMrush dan alat analisis kompetitor

  • Membuat strategi pemasaran konten dengan riset topik, dan mengelola kemajuan menggunakan kalender konten

  • Melakukan audit dan analisis backlink untuk meningkatkan strategi membangun link website brand kita

4. Google’s Page Speed Insights

Kecepatan memuat halaman website penting karena mempengaruhi SEO halaman dan pengalaman pengunjung. Dan Google’s Page Speed Insights adalah salah satu alat website optimization untuk menganalisis dan meningkatkan kecepatan halaman website. Brand dapat menjalankan tes kecepatan untuk versi halaman web mobile dan desktop. Aplikasi website optimization ini memberikan wawasan berharga tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan halaman dimuat dengan lambat. Hasilnya relatif teknis namun tetap memberikan wawasan luas. Fitur-fitur yang ada di Google’s Page Speed Insights diantaranya adalah:

  • Dapat menjalankan tes pemuatan halaman di halaman website manapun.

  • Menganalisis faktor dan masalah yang mempengaruhi waktu muat menggunakan laporan mendalam.

  • Menyediakan data lapangan dan laboratorium secara bersamaan.

  • Menyajikan skor dalam format metrik seperti kinerja keseluruhan, peningkatan yang diperlukan, masalah teknis, dll.

5. Ahrefs

Ahrefs adalah alat utama untuk berbagai strategi website optimization. Dengan Ahrefs Keyword Explorer, brand dapat mengisi kalender konten dengan topik yang mungkin telah dilewatkan sejauh ini. Brand juga dapat menganalisis skor kesulitan keyword, volume pencarian, dan perkiraan jumlah klik. Untuk konten yang sudah dipublikasikan, Ahrefs dapat melacak peringkat konten tersebut di search engine results pages (SERP) agar brand bisa tetap mengetahui konten yang naik atau turun.

Dengan aplikasi site explorer, brand bisa memasukkan URL atau link kompetitor untuk melihat keyword apa yang berada dalam ranking teratas dan konten apa yang berkinerja terbaik bagi mereka. Fitur ini bahkan memungkinkan brand melihat kualitas backlink mereka dan apakah mereka menggunakan pencarian berbayar atau tidak. Brand juga dapat menjalankan audit situs untuk menilai kegunaan website. Setelah pemindaian, brand akan mendapatkan wawasan tentang cara meningkatkan konten untuk pengunjung website dan perayapan search engine. Fitur-fitur yang ada di Ahrefs diantaranya adalah:

  • Dapat menjelajahi peringkat keyword dan tingkat kesulitan terkait, volume pencarian, nilai, dan atribut lainnya.

  • Mampu menjalankan audit situs untuk menemukan masalah teknis dan kinerja backlink untuk mengoptimalkan halaman website.

  • Membantu menjalankan penelitian keyword untuk search engine seperti Google, YouTube, Amazon, dll.

  • Membantu melacak situs dan halaman berkinerja terbaik untuk keyword tertentu.

  • Membantu brand menemukan perilaku dan tren konten seputar topik tertentu.

  • Dapat melakukan kategorisasi SEO, segmentasi SEO, dan mengekspor laporan SEO ke file CSV.

  • Mengintegrasikan website dengan aplikasi lain seperti Tray.io dan Rank Ranger menggunakan API integrasi bawaan.

6. Google Analytics

Google Analytics memungkinkan brand mengukur pengaruh strategi website optimization dengan angka dan metrik. Ini memberikan data statistik dan analitis tentang kinerja website untuk tujuan SEO dan pemasaran. Brand dapat melacak tampilan halaman website, sumber, konten berkinerja terbaik, dan metrik lainnya pada grafik waktu untuk melihat perubahan dalam keterlibatan pengunjung dan peringkat halaman. Data disajikan dalam format statistik untuk memberi brand gambaran menyeluruh tentang hal-hal penting website secara sekilas. Fitur-fitur yang ada di Google Analytics diantaranya adalah:

  • Memberikan laporan terperinci tentang tingkat konversi website, bounce rate, waktu di halaman, tampilan halaman, dan statistik lainnya.

  • Melacak kampanye pemasaran dan analisis apa yang berhasil menggunakan data analitis.

  • Menghasilkan laporan audience untuk memantau data demografi dan lokasi geografis.

  • Memberikan laporan visualisasi alur untuk memetakan perjalanan audience di website.

  • Membuat laporan khusus menggunakan filter untuk mengekstrak wawasan yang brand perlukan.

  • Menetapkan peringatan untuk perubahan mendadak dalam traffic atau sasaran agar brand selalu mendapat informasi terbaru.

  • Memberi analisis prediktif untuk memperkirakan hasil dari berbagai strategi.

7. Screaming Frog

Screaming Frog adalah alat terbaik untuk SEO pada halaman dan SEO teknis. Screaming Frog dapat menemukan tautan rusak, mengevaluasi peta situs XML, dan memeriksa kinerja situs. Brand dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini untuk menyorot konten duplikat dan membuat pengalihan instan untuk mengarahkan audience ke halaman website yang benar. Aplikasi ini juga dapat membagikan wawasan dan laporan dengan tim sebagai bagian dari proses manajemen proyek website brand kita. Screaming Frog memiliki alat pengujian untuk mengukur kecepatan pemuatan website yang dapat dibagikan dengan tim pengembang website brand kita untuk melakukan perubahan secara instan. Fitur-fitur yang ada di Screaming Frog diantaranya adalah:

  • Memiliki Spider SEO Tools untuk mengaudit aspek teknis situs website brand kita sehingga browser dapat merayapi halaman website secara efektif

  • Aplikasi website optimization lengkap ini menampilkan layanan pay-per-click (PPC) serta kampanye pembuatan tautan dan analisis pengoptimalan tingkat konversi.

  • Versi gratis dari aplikasi ini dapat mencakup hingga 500 URL, sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk pemula, influencer, dan blogger solo

8. Hotjar

Hotjar adalah aplikasi website optimization yang memungkinkan brand memantau proyek dan mendapatkan wawasan mendalam tentang pengalaman pengguna di situs brand kita. Dirancang untuk pengujian A/B dan pengujian multivarian, aplikasi ini menghasilkan laporan untuk melihat bagaimana audience di kehidupan nyata menavigasi website brand kita. Aplikasi ini berbasis perilaku pengunjung yang memungkinkan brand memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman website brand kita. Hotjar menyediakan banyak tools seperti heatmap, laporan sesi, dan analisis aliran klik untuk memvisualisasikan tindakan pengguna di website. Brand dapat melengkapi data perilaku dengan feedback kualitatif dari survei untuk memahami masalah pengunjung dan membuat perubahan untuk meningkatkan pengalaman website mereka. Fitur-fitur yang ada di Hotjar diantaranya adalah:

  • Menggunakan heatmap, laporan sesi, dan data klik untuk memetakan perjalanan audience di website brand kita.

  • Mengumpulkan data pada setiap scroll, setiap klik, dan interaksi halaman website.

  • Memiliki sesi rekaman untuk memvisualisasikan tindakan audience dan menunjukkan masalah halaman website.

  • Menyediakan alat pembuat visual yang intuitif untuk membuat survei bertarget dan mengumpulkan feedback.

  • Dapat menyesuaikan dan menambahkan widget feedback ke website untuk mempromosikan feedback yang tidak diminta.

  • Melakukan analisis data mendalam untuk menganalisis data dalam satu area

Itulah rangkuman aplikasi website optimization terbaik di tahun 2024. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara untuk melakukan website optimization, Co&Act Creative Hub siap membantu brand kamu untuk melakukannya! Connact selalu tersedia untuk berkolaborasi dengan brand kamu untuk mengembangkan pemasaran brand kamu salah satunya lewat website optimization. Ingin berkolaborasi dengan Connact? Hubungi saja langsung disini!