Butuh Pemasaran Cepat? Coba Lakukan Search Engine Marketing!

Pengertian-Search-Engine-Marketing.png sumber: kinaja.id

SEM singkatan dari search engine marketing yang mana merupakan strategi digital marketing untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu dengan cara berbayar. Perlu diketahui bahwa hasil pencarian di search engine memunculkan dua hasil yaitu hasil organik dan hasil dari iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang disebut dengan search engine marketing.

Melalui SEM, suatu brand atau individu dapat membayar untuk menempatkan iklan mereka di halaman hasil pencarian search engine agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan traffic ke situs web dan meningkatkan penjualan atau konversi. SEM sering dibandingkan dengan SEO (Search Engine Optimization), yang merupakan teknik yang berfokus pada optimasi konten situs web agar lebih mudah ditemukan dan diurutkan lebih tinggi di hasil pencarian search engine.

SEM dan SEO memiliki tujuan yang kurang lebih sama, yaitu untuk muncul di pencarian teratas di search engine. Namun keduanya memiliki perbedaan. Contohnya, tampilan yang muncul dari penerapan SEM memiliki tanda “Iklan” atau “Ad”. Dan hasil pencarian SEM berada di hasil pencarian paling atas. Sedangkan hasil pencarian dari SEO tak ada kata-kata iklan di bawahnya. Website dengan SEO akan ditampilkan di bawah website yang menggunakan SEM.

Secara garis besar, perbedaan utama antara SEM dan SEO adalah bahwa SEM memerlukan biaya untuk menampilkan iklan, sedangkan SEO tidak memerlukan biaya tetapi membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar. Kedua teknik tersebut dapat digunakan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Berikut beberapa fungsi dari SEM, yaitu:

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan SEM, website dari brand kita akan muncul paling atas di halaman pencarian search engine. Hal ini akan meningkatkan kesadaran audience akan keberadaan brand kita karena sering muncul paling atas di search engine.

  1. Menjangkau Audience Secara Instan dan Cepat

Strategi SEM sering digunakan sebagai strategi jangka pendek yang membawa visibilitas cepat ke produk atau jasa brand kita.

  1. Pengelolaan Iklan yang Mudah, Cepat, dan Menyeluruh

Penggunaan SEM akan memberikan brand kendali untuk membuat jadwal kapan iklan dari website akan naik dan kapan iklan tersebut akan dihentikan. Hal ini juga membantu brand untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja iklan. Ini dapat membantu brand untuk mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas brand kita dalam waktu singkat.

  1. Dapat Mencocokkan Keyword yang Paling Relevan

Search engine seperti Google menawarkan beberapa jenis pencocokan kata kunci seperti road match, exact match, dan lain-lain berdasarkan iklan yang akan ditayangkan kepada audience.

  1. Mendapatkan Akses Untuk Mengukur Kinerja Website

Iklan search engine berbayar memberikan brand kesempatan untuk menguji kinerja iklan dan mengukur hasil yang dikumpulkan untuk setiap iklan. Search engine berbayar seperti Google Ads dan layanan SEM lain memberikan akses ke data-data penting seperti tayangan, klik, Rasio Klik-Tayang (RKT), kata kunci yang memiliki kinerja terbaik, dan lain-lain. Tergantung pada target awal dari brand ketika melakukan SEM, brand dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu dioptimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

Pada intinya, SEM memiliki banyak kemiripan dengan SEO. Perbedaan yang paling terlihat ada di sisi biaya, yang mana SEO tidak memerlukan biaya sama sekali, sementara SEM membutuhkan biaya untuk membayar slot iklan di search engine yang kita pilih agar bisa tampil di halaman pencarian paling atas. Dari segi hasil. SEM bisa memberikan hasil lebih cepat karena sudah pasti iklan website brand kita akan ditampilkan paling atas, sementara SEO membutuhkan waktu yang lebih lama karena persaingan antar website brand yang hasilnya akan dikurasi oleh algoritma search engine sehingga belum tentu website brand kita akan ditampilkan paling atas di halaman pencarian.

Apapun pilihan brand kamu, baik SEO atau SEM, Co&Act Creative Hub siap membantu pemasaran brand kamu lewat dua cara tersebut. Pilih cara pemasaran yang paling cocok dan sesuai dengan brand kamu. Kalau kamu masih bingung dengan cara kerja SEM, jangan khawatir! Connact juga bisa membantu kamu dalam memahami cara kerja SEM secara menyeluruh. Tunggu apa lagi? Hubungi Co&Act sekarang!