Rangkuman Konten yang Menjadi Tren di Tahun 2023

download.jpeg sumber: store-circlo.com

2023 akan segera berakhir. Terdapat beberapa tren konten yang populer di tahun 2023 dan mendapatkan atensi yang sangat besar dari audience di media sosial. Inilah beberapa jenis konten yang menjadi tren di tahun 2023 ini, yaitu:

1. Konten Berbasis Video

Menurut Hootsuite, Tiktok, Instagram Reels, dan Youtube Short menjadi media sosial yang paling banyak dikunjungi oleh audience di tahun 2023. Artinya, konten berbasis video menjadi konten yang paling laku saat ini. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan bagi brand untuk membuat konten berbasis video untuk meningkatkan pemasaran produk atau jasa brand. Terlebih, penggunaan caption pada konten video diprediksi akan meraih banyak audience di masa yang akan datang karena memudahkan audience untuk memahami produk yang ada di dalam konten.

2. Podcast

Jumlah pendengar podcast terus mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini membuat banyak brand mulai berpikir bagaimana caranya untuk meningkatkan pemasaran brand lewat podcast. Podcast menjadi media yang sempurna untuk membangun hubungan dengan audience, memberikan nilai kepada pendengar atau audience, menjual, meningkatkan visibilitas brand, dan membangun otoritas brand. Berikut adalah beberapa topik podcast yang bisa dicoba untuk orang yang baru ingin memulai membuat podcast:

  • Tren dan berita industri
  • Tips & trik
  • Studi kasus
  • Wawancara dengan narasumber ahli
  • Kisah inspirasi

3. Search Engine Optimization

Meski konten video dinilai lebih mudah diserap oleh audience, traffic dari search engine masih menyumbang engagement terbesar bagi sebuah brand. Karena, audience mencari informasi lebih detail, lengkap, dan kredibel mengenai suatu brand melalui search engine. Jadi, para brand harus mulai memikirkan bagaimana caranya untuk memaksimalkan SEO agar untuk meningkatkan brand awareness di mata audience.

4. Konten yang Lucu dan Menarik

Konten yang lucu dan menarik dibutuhkan oleh semua brand bahkan dalam industri yang dianggap membosankan. Hal ini dibutuhkan agar audience tidak merasa bosan dengan konten dari brand tersebut. Contohnya adalah konten meme yang bisa digunakan oleh segala jenis brand. Menurut penelitian yang dilakukan oleh amraandelma.com, lebih dari 60% audience lebih cenderung membeli dari brand yang menggunakan konten meme. Artinya, brand dapat menambahkan elemen kesenangan dan kelucuan pada citra brand sambil tetap menjual secara efektif. Konten lucu dan menarik lainnya yang dapat digunakan adalah:

  • Video pendek dan lucu
  • Komik strip
  • Jokes
  • Games

5. Konten Berformat Infografis

Infografis menggunakan kombinasi gambar, ikon, grafik, dan teks untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik secara visual. Dalam format infografis, pembuat konten harus menyederhanakan informasi kompleks menjadi elemen grafis yang mudah dipahami. Hal ini memungkinkan pengguna media sosial untuk dengan cepat mendapatkan inti dari pesan yang ingin disampaikan tanpa harus membaca teks panjang. Infografis merupakan konten yang mudah dibagikan di media sosial. Dengan menyajikan informasi yang bernilai dan terkait dengan bidang spesifik, infografis dapat memperlihatkan keahlian, pengetahuan, dan keunggulan seseorang atau brand. Hal ini membantu membangun reputasi sebagai sumber informasi yang berkompeten dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap brand atau individu tersebut.

Itulah jenis-jenis konten yang menjadi tren di tahun 2023. Kalau kalian ingin membuat konten seperti itu, bisa kalian hubungi Connact Creative Hub yang berlokasi di Kota Bogor. Connact siap membantu kalian dalam mengembangkan konten-konten yang sedang populer saat ini. Yuk hubungi Connact sekarang!