Jangan Sampai Tertukar! Inilah Bedanya Content Creator dan Influencer!

64e78672b65449dec7f5d1b8_Gambar influencer.jpeg sumber: belajarlagi.id

Content creator adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi berbagai macam konten digital. Konten yang dibuat berupa blog, video, foto, dan lain-lain. Konten ditampilkan dalam beragam platform media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, podcast, atau blog pribadi. Mereka membuat konten yang relevan dengan kebutuhan audience-nya.

Banyak audience yang beranggapan bahwa content creator adalah influencer. Influencer dan content creator seperti sebuah istilah serupa tapi tak sama. Keduanya memang membuat konten. Namun, tidak semua content creator merupakan influencer. Influencer merupakan pihak yang memiliki daya influence atau pengaruh yang besar. Sama halnya dengan content creator, influencer pun membuat konten yang diunggah di media sosial. Namun bedanya, walaupun membuat konten, influencer tidak terikat dengan perusahaan.

Influencer adalah seseorang yang populer di media sosial dan memiliki pengaruh terhadap para pengikutnya. Mereka melakukan promosi produk atau jasa, kemudian berbagi ulasan mengenai produk atau jasa yang akan diikuti oleh followersnya. Hal ini memberikan keuntungan bagi brand yang ingin menjangkau audience dalam cakupan yang luas dan membangun brand awareness.

Influencer bekerja dengan tujuan membuat konten yang mampu meyakinkan para pengikutnya untuk mencoba dan membeli produk atau layanan yang mereka promosikan. Sedangkan, content creator bekerja dengan tujuan untuk membuat konten yang mengedukasi dan memberikan informasi kepada audiensnya. Influencer dan content creator memiliki kemampuan yang akan membantu dari sisi strategi marketing.

Perbedaan lainnya ada di sisi bagaimana content creator dan influencer mendapatkan gaji atau bayaran. Content creator mendapat bayaran dari brand tempat mereka bekerja dan besarannya relatif stabil, sementara bayaran bagi influencer tergantung dari kerjasamanya dengan brand. Semakin banyak followers-nya, biasanya semakin tinggi juga bayarannya. Influencer sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan jumlah follower-nya, singkatnya adalah sebagai berikut:

  • Mega Influencer: lebih dari 1 juta followers
  • Macro Influencer: 500 ribu – 1 juta followers
  • Mid–tier Influencer: 50.000 – 500.000 followers
  • Micro Influencer: 10.000 – 50.000 followers
  • Nano Influencer: 1000 – 10.000 followers

Itulah dia perbedaan antara content creator dan influencer. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan pemasaran dari suatu brand. Connact Creative Hub bisa kamu pilih sebagai content creator untuk brand kamu. Connact siap membantu dan mendengarkan semua kebutuhan konten dari brand kamu. Mau coba? Hubungi Connact sekarang!