Mengapa Content Strategy Itu Penting Bagi Brand?

Content strategy adalah proses perencanaan, pengembangan, dan penyusunan strategi konten sesuai dengan tujuan dan target pemasaran brand. Konten-konten yang akan dipublikasikan oleh brand melalui berbagai media seperti blog, media sosial, dan media-media lainnya akan diatur sedemikian rupa agar bisa mendapatkan engagement yang progresif dari audience. Tak hanya itu, content strategy juga akan menjadi guide dalam pembuatan konten sehingga setiap konten akan memiliki gaya yang sama secara konsisten.

Menurut HubSpot, penyusunan content strategy dapat meningkatkan traffic dan memberi brand kesempatan untuk bereksperimen dengan taktik pemasaran lainnya. Content strategy harus memuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar pemasaran brand seperti:

  • Tujuan apa yang ingin dicapai oleh brand?
  • Siapa target audience-nya?
  • Konten apa yang akan kami buat?
  • Bagaimana cara membuat konten tersebut?
  • Di media seperti apa konten akan dipublikasikan?
  • Kapan konten akan dipublikasikan?
  • Bagaimana caranya audience menemukan konten tersebut?
  • Siapa yang bertanggung jawab mengelola, menerbitkan, dan mempromosikan konten tersebut?

Jika diperhatikan dengan lebih rinci, content strategy adalah hal yang bisa memberi pengaruh yang sangat besar terhadap brand. Untuk mencapai pemasaran konten yang maksimal, dibutuhkan content strategy yang tepat dan segala prosesnya dicatat dengan baik sebagai bahan evaluasi kedepannya. Content strategy ini berfungsi sebagai bukti bahwa brand tahu apa yang dia lakukan dalam pemasaran konten. Selain itu, content strategy juga berfungsi sebagai guide bagi orang lain tentang bagaimana brand berencana mengeksekusi konten dengan sukses.

Content strategy adalah jantung pemasaran konten yang akan menentukan apakah upaya pemasaran brand akan berhasil atau gagal. Sayangnya, sebagian besar brand melakukan pendekatan pemasaran konten dengan pendekatan laissez-faire (biarkan saja) yang mungkin memberikan hasil yang "oke". Tapi masalahnya, "oke" tidak seharusnya menjadi standar pemasaran dari brand. Itu karena konten dapat mencapai kesuksesan besar bagi brand apapun industri atau ukurannya. Konten memiliki kekuatan besar untuk mengembangkan brand. Namun untuk memanfaatkan kekuatan itu, brand harus memiliki content strategy.

Itulah alasan kenapa content strategy merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh sebuah brand. Brand kamu butuh bantuan untuk menyusun content strategy? Ga usah bingung! ada Connact Creative Hub yang siap membantu brand kamu menyusun content strategy yang tepat dan efektif. Hubungi Connact sekarang!