8 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Copywriter

copywriting-jobs-700.jpeg sumber: qubisa.com

Copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis copy kreatif dan persuasif untuk berbagai konten dan media. Hasil kerja dari seorang copywriter adalah sebuah copy, yaitu kalimat singkat dengan tujuan mendorong pembaca melakukan aksi positif yang berkaitan dengan brand. Tulisan yang menarik perhatian audience dari seorang copywriter bisa berupa slogan, tagline, headline, caption, dan lain sebagainya. Kalimat copywriting juga bisa ditemui di berbagai iklan produk, kemasan produk, deskripsi video YouTube, dan sebagainya.

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan copywriter semakin meningkat. Banyak brand yang membutuhkan jasa copywriter untuk mempromosikan produk dan jasa mereka secara efektif kepada audience. Memiliki kemampuan menulis yang baik dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tren dapat menjadi modal bagi seseorang untuk memilih copywriter sebagai karir yang menjanjikan.

Berikut adalah skill yang harus dimiliki seorang copywriter, yaitu:

1. Kemampuan Menulis

Skill menulis adalah keterampilan paling fundamental yang dibutuhkan oleh seorang copywriter. Dalam menulis, diperlukan kemampuan untuk menyusun ide dan informasi menjadi sebuah paragraf dengan struktur yang jelas dan logis. Selain itu, penggunaan tata bahasa dan ejaan yang tepat juga sangat penting dalam menulis dengan baik dan benar. Menulis dengan baik dan benar memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, dan dapat membantu seseorang untuk memperoleh kesuksesan dalam berbagai bidang pekerjaan dan kehidupan.

2. Kemampuan Berpikir Kreatif

Copywriter merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Seorang copywriter harus kreatif dalam memikirkan ide dan kata-kata lebih menarik dan persuasif.

3. Kemampuan Membuat Headline yang Kreatif

Headline menjadi bagian yang paling awal dibaca oleh audience. Oleh karena itu, kemampuan untuk membuat headline yang kreatif dan menarik menjadi salah satu hal yang perlu dikuasai seorang copywriter. Headline yang menarik tidak harus selalu clickbait atau menjebak agar audience mau membacanya. Seorang copywriter harus pandai memilah-milah kata dan pintar dalam menggunakan kata yang tepat agar target audience brand melakukan tindakan positif terhadap produk atau jasa dari brand.

4. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang copywriter harus punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Teks atau copy iklan yang dibuat copywriter harus berupa bahasa efektif dan mudah dipahami oleh audience. Hal ini juga dibutuhkan untuk bekerja sama dengan tim kreatif dan klien. Sebab dalam proses pembuatan konten, biasanya copywriter akan terhubung dengan desainer grafis, tim marketing, tim media sosial, content creator, hingga klien. Oleh karena itu, copywriter harus bisa berkomunikasi secara baik dan jelas untuk mengeksekusi task list yang harus dikerjakan.

5. Kemampuan Mengikuti dan Memahami Tren

Tren selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Seorang copywriter dituntut untuk aktif mengikuti perkembangan tren. Dengan begitu, seorang copywriter jadi tahu apa yang sedang ramai dibahas atau dibicarakan audience saat ini. Konten seperti apa yang sesuai dalam kondisi tersebut dan lainnya. Dengan mengikuti tren, copywriter dapat memberikan konten dan membuat copy untuk brand yang relevan dengan hal yang sedang viral saat ini.

6. Kemampuan Memahami Target Audience

Selanjutnya, skill copywriter yang harus kamu miliki adalah memahami target audience. Semakin copywriter memahami target audience brand mereka, maka copywriter bisa membuat konten dengan gaya bahasa yang sesuai. Hal ini bisa membuat audience merasa dekat dengan brand dan juga menjaring audience baru yang relevan.

7. Kemampuan Riset

Biasanya seorang copywriter bekerja berdasarkan brief atau gambaran ringkas mengenai kebutuhan copy yang diberikan oleh product manager atau klien. Selanjutnya, copywriter akan melakukan riset terkait produk atau jasa, bidang industrinya, dan kompetitornya. Dari hasil riset yang dilakukan, copywriter bisa membuat teks atau copy yang tepat.

8. Kemampuan Menyesuaikan Tulisan Dengan Platform

Seorang copywriter harus tahu cara kerja masing-masing platform yang digunakan beserta karakteristik audience-nya. Hal ini termasuk pemahaman tentang gaya bahasa yang berbeda dan aturan tata bahasa yang digunakan di berbagai platform.

Itulah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang copywriter. Dibutuhkan latihan dalam menulis copy agar penguasaan dari semua skill di atas dapat dikuasai dengan baik. Kalau brand kamu membutuhkan copywriter yang menguasai skill-skill di atas, kamu bisa menghubungi Connact yang berlokasi di Kota Bogor. Yuk hubungi Connact via Whatsapp sekarang!