Copywriter vs Content Writer, Pilih yang Mana ya?

Pekerjaan content writer dan copywriter menjadi profesi yang akan selalu dibutuhkan oleh brand di era digital saat ini. Kedua profesi ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengkomunikasikan pesan dari brand melalui penulisan agar terlihat atau terdengar menarik dan sampai kepada target audience yang dituju. Keduanya masuk di bidang marketing, namun memiliki tujuan yang berbeda.

Menurut Market Smiths, content adalah suatu hal yang bertujuan untuk memberikan informasi melalui anekdot, data, hingga analisis. Selain informasi, konten juga ditujukan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas website. Sementara copy adalah suatu tulisan yang bertujuan mempersuasi atau mengajak audience. Dengan copy diharapkan audience tertarik melakukan tindakan apapun seperti mencari tahu lebih lanjut tentang produk itu, hingga melakukan pembelian. Copy juga berguna dalam meningkatkan_ brand awareness_.

Copywriter adalah juaranya dalam membuat audience membeli apa yang dijual oleh brand. Content writer melakukan penulisan yang berfokus pada pemecahan masalah audience, memberikan informasi, dan mendidik audience tentang topik yang mereka minati. Namun, baik copywriter maupun content writer memiliki tujuan yang sama yaitu menarik audience sebanyak mungkin.

Apa saja perbedaan dari content writer dan copywriter?

1. Tujuan

Content writing bertujuan untuk mengedukasi dan menghibur pembaca. Sedangkan, copywriting dibuat dengan tujuan mempersuasi pelanggan untuk melakukan tindakan tertentu. Biasanya, copywriting dirancang untuk membangkitkan dan meningkatkan minat pada suatu produk atau ide menggunakan bahasa persuasif yang bertujuan untuk membujuk audience melakukan tindakan yang kita inginkan.

2. Tugas

Copywriter bertugas membuat tulisan yang persuasif agar audience tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand. Inilah alasan mengapa copywriter biasanya bekerja di perusahaan atau bidang periklanan. Hasil karya dari seorang copywriter bisa diunggah ke berbagai platform seperti televisi, radio, iklan, billboard dan juga media sosial. Skill dari seorang copywriter adalah harus bisa menghasilkan kata-kata yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh audience. Seorang copywriter harus memiliki kreativitas dan pengetahuan yang luas. Copywriter juga harus bisa memahami untuk siapa konten dibuat.

3. Media

Media yang digunakan saat mempublikasikan content writing dan copywriting pun berbeda. Biasanya content writing dipublikasikan dalam website atau blog. Sedangkan, copywriting dipublikasikan di poster, web banner, billboard, social media ads, social media campaign, dan lain sebagainya.

4. Panjang Tulisan

Content writer umumnya menulis konten berupa artikel dengan jumlah 500 - 1.500 kata per artikel yang menjelaskan topik tertentu terkait dengan brand. Sementara copywriter membuat tulisan singkat yang ditujukan untuk menarik perhatian audience dalam waktu hanya beberapa detik saja.

5. Tools

Biasanya, content writer menggunakan bantuan berbagai tools, diantaranya Ubersuggest, KBBI Daring, Answer Socrates, dll. Sedangkan tools yang biasa digunakan oleh copywriter adalah: Google Keyword Planner, Google Trends, Rima Kata, Hashtactic, dan sebagainya.

Copywriter dan_ content writer_ ternyata memiliki beberapa persamaan, yaitu:

  1. Content writer dan copywriter biasanya menggunakan storytelling dalam penulisannya.

  2. Semua konten yang ditulis harus mengikuti brand voice dan selaras dengan pesan dari brand.

  3. Kedua pekerjaan ini membutuhkan kreativitas, keterampilan, riset, perhatian terhadap detail, dan kemampuan komunikasi yang baik.

  4. Kedua peran tersebut memerlukan pemahaman yang baik tentang karakteristik audience yang menjadi target pemasaran.

Baik copywriter maupun content writer adalah bagian penting dari pemasaran digital. Terdapat persamaan dan perbedaan yang signifikan antara copywriter dan content writer. Namun pada akhirnya keduanya bertujuan untuk membantu pemasaran brand menjadi lebih luas. Pada akhirnya, ini bukan tentang mana yang lebih baik, melainkan tentang apa yang dibutuhkan oleh brand. Jadi pastikan untuk memahami setiap peran dengan baik sebelum terjun langsung ke dalamnya.

Manapun yang kamu butuhkan, semua itu bisa kamu dapatkan di Connact. Connact siap menjadi copywriter atau content writer untuk brand kamu. Untuk info lebih lanjut kamu bisa hubungi Connact via Whatsapp. Tunggu apa lagi? Hubungi Connact sekarang!