Mengenal Apa Itu Content Creator, sang Eksekutor Konten

Perkembangan dunia digital telah melahirkan beberapa bidang pekerjaan baru yang menjanjikan dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan dalam pemasaran yang semakin beragam dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu contoh bidang pekerjaan tersebut adalah content creator. Content creator adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertanggung jawab untuk membuat konten yang menarik dan relevan untuk tujuan pemasaran, branding, atau komunikasi perusahaan kepada audience. Konten yang dibuat oleh content creator bisa berupa foto, video, podcast, tulisan, digital art, dan lain-lain. Konten ini akan dibagikan ke media sosial yang sesuai dengan target pemasarannya seperti Youtube, Twitter, TikTok, Instagram, Facebook, blog, atau media sosial lainnya.

Content creator bertugas untuk mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang telah ditetapkan oleh brand. Berikut adalah tugas-tugas dari content creator, yaitu:

  1. Membantu pengembangan strategi konten yang sesuai dengan tujuan, branding, target pemasaran, segmentasi, dan saluran pemasaran yang diinginkan oleh brand.

  2. Mengikuti perkembangan tren terbaru dan menyesuaikan tren tersebut dengan brand agar konten yang dibuat relevan dan tersampaikan dengan baik ke audience.

  3. Membuat konten yang menarik, berkualitas, dan informatif sesuai dengan kebutuhan brand. Konten bisa berupa foto, video, desain grafis, podcast, dan lain-lain.

  4. Mengatur jadwal publikasi konten dan menjaga konsistensi branding dalam konten.

  5. Melakukan proses editing terhadap konten yang sudah dibuat dan memastikan kembali konten yang akan dipublikasi tidak melanggar norma dan etika.

  6. Memantau dan menganalisis engagement dari konten yang telah dipublikasi, kemudian membuat laporan dari analisis tersebut.

  7. Melakukan kolaborasi dengan tim pemasaran yang lain untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk brand.

  8. Mengoptimalkan dan me-manage segala online platform milik brand seperti media sosial, web, blog, dan lain-lain.

Terkadang dalam mengeksekusi konten yang ingin dibuat, tim content creator suatu brand akan menyewa jasa influencer yang dianggap dapat membuat konten sampai ke audience secara lebih cepat dan efektif. Untuk memahami lebih tentang pekerjaan content creator, kamu bisa bertanya pada Connact Creative Hub yang merupakan agensi kreatif di Kota Bogor. Connact Creative Hub sudah terbukti dalam membuat serangkaian konten yang unik dan kreatif. Penasaran? Langsung saja hubungi Connact di sini!