5 Rumus Copywriting yang Efektif untuk Menarik Audience

contoh-copywriting.jpg sumber: jagoanhosting.com

Penerapan copywriting yang tepat dan efektif bisa menghasilkan engagement yang tinggi untuk brand sehingga pada akhirnya akan menghasilkan penjualan yang sukses dan terus berkembang. Copywriting yang baik biasanya mudah diingat, menarik perhatian, ringkas, jujur, dan memberi informasi yang jelas tentang produk yang ditawarkan.

Copywriting bukanlah sesuatu yang hanya asal membuat tulisan yang singkat saja, tetapi disitu terdapat tujuan dan target audience yang jelas. Ada 5 rumus copywriting yang umum diterapkan dan bisa kamu jadikan pedoman dalam penulisan copy untuk brand kamu. Diantaranya adalah:

1. AIDA (Attention-Interest-Desire-Action)

Rumus AIDA adalah rumus yang umum ditemui dalam dunia copywriting. AIDA merupakan singkatan dari:

a. Attention

Menurut penelitian yang pernah dilakukan SilverPop pada tahun 2013, menemukan fakta bahwa seseorang akan merasa tertarik akan suatu konten hanya dalam waktu 8 detik saja. Pada bagian ini, penulis harus membuat kalimat yang menarik perhatian audience dalam waktu yang singkat. Kalimat attention biasanya berupa sebuah pernyataan atau pertanyaan retorika.

b. Interest

Di bagian interest, kalimat copy yang dibuat harus mampu menarik minat audience untuk membaca copy sampai habis. Untuk menarik minat audience, diperlukan kalimat yang memberikan informasi baru dan menarik serta seakan-akan memberi solusi atas masalah dari audience.

c. Desire

Pada bagian ini, penulis harus bisa membuat audience menjadi sangat tertarik dan menginginkan produk yang sedang ditawarkan. Salah satu cara membangkitkan hasrat dari audience untuk membeli produk yang ditawarkan adalah dengan menuliskan kelebihan atau keunggulan dari produk brand kita.

d. Action

Di bagian terakhir ini, penulis harus memberi kalimat call-to-action yang jelas. Tujuannya adalah supaya audience benar-benar berpikir untuk melakukan tindakan yaitu membeli produk. Selain itu, audience juga bisa diajak untuk memberi masukan atau saran kepada brand kita.

Contoh Kalimat:

- Attention: Kamu mau media sosial brand-mu tampak rapi dan menarik?

- Interest: Tenang, Connact siap membantu kamu untuk mengembangkan media sosial brand-mu

- Desire: Connact telah berpengalaman dalam meng-handle media sosial berbagai jenis brand dengan pembuatan konten yang kreatif, caption yang unik, waktu publikasi yang terjadwal, desain visual yang menarik, dan selalu responsif dalam menanggapi komentar audience

- Action: Tunggu apa lagi? Hubungi Connact sekarang!

2. PAS (Problem-Agitate-Solution)

PAS merupakan singkatan dari:

a. Problem (masalah)

Tulisan copy menunjukkan masalah yang nyata

b. Agitate (perasaan gelisah)

Buat audience merasa gelisah dengan masalah itu sampai mereka merasa membutuhkan solusi dari masalah itu segera

c. Solution (solusi)

Tawarkan solusi dari masalah tersebut dengan brand yang kita tawarkan

Contoh Kalimat:

- Problem: Me-maintain media sosial sebuah brand bukanlah pekerjaan yang mudah.

- Agitate: Dibutuhkan riset dan kreativitas yang luas dibarengi dengan skill-skill tertentu untuk mengembangkan media sosial sebuah brand. Tak hanya itu, diperlukan juga konsistensi dan komitmen untuk terus berinovasi guna meningkatkan pemasaran brand lewat media sosial.

- Solution: Eits, tapi jangan khawatir! Connact hadir untuk membantu brand kamu mengembangkan media sosial yang akan mendapatkan engagement yang tinggi dari audience. Connact sudah berpengalaman dalam mengembangkan media sosial suatu brand dari berbagai jenis industri. Tunggu apa lagi? Hubungi Connact sekarang!

3. 4C (Clear - Concise - Compelling - Credible)

Menurut Neuroflash, 4C merupakan singkatan dari:

a. Clear (jelas)

Gunakan bahasa yang jelas sehingga target audience memahami copy yang kita buat.

b. Concise (ringkas)

Tulisan harus dibuat secara singkat dan to the point

c. Compelling (menarik)

Tangkap minat audience menggunakan cerita, fokus terhadap masalah mereka, dan sediakan solusi.

d. Credible (kredibel)

Tunjukkan bahwa produk brand kita bisa dipercaya untuk mengatasi masalah mereka.

Contoh kalimat:

- Clear: Meningkatkan engagement di media sosial bukanlah hal yang sulit.

- Concise: Dengan media sosial maintenance yang tepat bisa menaikkan engagement media sosial kita secara progresif.

- Compelling: Media sosial maintenance yang konsisten dan disiplin bisa kamu dapatkan dari Connact yang siap bekerja sama dengan brand kamu.

- Credible: Maka, jika kamu ingin meningkatkan engagement melalui media sosial maintenance yang konsisten, mari berkolaborasi dengan Connact melalui link di bawah ini.

4. ACCA (Awareness - Comprehension - Conviction - Action)

ACCA merupakan singkatan dari:

a. Awareness (kesadaran)

Tingkatkan kesadaran dari audience tentang keberadaan brand kita dan masalah yang sedang terjadi.

b. Comprehension (pemahaman)

Buat audience memahami lebih dalam masalah yang sedang mereka hadapi.

c. Conviction (keyakinan)

Buat audience semakin yakin untuk mengatasi masalah tersebut.

d. Action (tindakan)

Buat audience mengambil tindakan atas brand kita.

Contoh kalimat:

- Awareness: Connact adalah agensi kreatif yang menawarkan jasa handling media sosial.

- Comprehension: Banyak brand tidak tahu cara meningkatkan pemasaran mereka melalui media sosial, padahal media sosial memiliki kekuatan untuk memberi pengaruh yang besar terhadap audience.

- Conviction: Connact akan membantu kamu meng-handle media sosial brand-mu untuk mendapatkan engagement yang baik dan memberi kenaikan dalam pemasaran.

- Action: Buat brand kamu dilihat oleh lebih banyak audience bersama Connact sekarang!

5. IDCA (Interest - Desire - Conviction - Action)

IDCA merupakan singkatan dari:

a. Interest

Dimulai dengan tulisan yang bisa memancing rasa penasaran audience.

b. Desire

Tawarkan brand kita sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang membuat audience berpikir bahwa inilah solusi yang mereka cari.

c. Conviction

Giring audience untuk bertindak.

d. Action

Buat audience melakukan tindakan yang mengarah ke tujuan yang telah ditetapkan oleh brand.

Contoh kalimat:

- Interest: Pernahkah Anda berpikir untuk membuat iklan yang menarik, yang tak hanya sekedar dilihat oleh audience saja?

- Desire: Lewat iklan tersebut, Anda bisa mencuri perhatian publik sehingga mereka mau menyimak pesan iklan sampai habis. Dengan begitu, awareness dan penjualan berpotensi meningkat.

- Conviction: Faktanya, apa yang Anda pikirkan bisa dilakukan dengan mudah bersama Connact.

- Action: Wujudkan rencana kalian tersebut hanya dengan berkolaborasi bersama Connact. Tunggu apa lagi? Let’s Connact!

Itulah 5 rumus copywriting yang bisa diterapkan untuk pemasaran brand kalian. Kalau kalian ingin copywriting yang menarik untuk brand kalian, bisa langsung hubungi Connact Creative Hub yang siap untuk memberikan tulisan-tulisan copy yang unik, menarik, serta meningkatkan brand awareness di kalangan audience. Hubungi Connact sekarang!