Meraih Banyak Audience Lewat Owned Media

Owned Media.png

sumber: 3Qdigital

Owned media adalah sejumlah media komunikasi yang dimiliki dikendalikan sepenuhnya oleh suatu individu, kelompok, dan perusahaan atau brand. Semakin banyak saluran media yang dimiliki, semakin besar jejak digitalnya. Semakin besar jejak digital sebuah brand, semakin besar juga potensi jangkauan brand kepada audience. Owned media memberikan kendali yang lebih besar kepada brand untuk mengatur konten seperti apa yang akan ditampilkan dan dijual kepada audience. Owned media juga dapat digunakan brand untuk mengirimkan pesan kampanye yang konsisten dan meningkatkan brand awareness. Owned media sangat berguna bagi brand yang ingin mengontrol pengalaman audience dengan brand serta meningkatkan loyalitas mereka.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari memanfaatkan owned media, yaitu:

1. Memberi kebebasan dan kontrol yang lebih besar

Owned media memberi keuntungan bagi brand untuk mengatur segala aktivitas yang dilakukan di media sosial. Dengan memiliki kontrol yang lebih besar akan dapat membantu brand untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Selain itu, brand memiliki kebebasan untuk mengubah atau menyempurnakan kontennya sesuai dengan kebutuhan.

2. Biaya yang relatif lebih murah

Keuntungan dari owned media adalah brand dapat menyimpan dan menyebarkan konten dengan biaya yang lebih rendah bila dibandingkan earned media dan paid media.

3. Mampu menjangkau audience yang lebih luas

Dengan menggunakan media yang dimiliki oleh brand sendiri, brand dapat mengatur strategi dan kata kunci yang diinginkan dan sesuai untuk menjangkau audience yang lebih luas dengan lebih cepat.

4. Meningkatkan engagement dan brand awareness

Manfaat dari owned media adalah untuk meningkatkan engagement antara brand dengan audience dengan menyediakan konten yang menarik dan interaktif serta memberi kesempatan audience untuk memberi komentar di akun media sosial atau blog. Selain itu, Owned media dapat digunakan untuk membangun brand awareness dengan memberikan konten yang unik dan menarik bagi audience.

Itulah beberapa keuntungan dari memanfaatkan owned media secara maksimal. Namun, perlu diketahui juga bahwa owned media terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Media sosial

Media sosial adalah jenis owned media yang paling populer saat ini. Ada berbagai platform media sosial yang dapat dimiliki oleh sebuah brand. Misalnya seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, TikTok, YouTube, dan Twitter. Media sosial dapat digunakan untuk membagikan konten, menjawab pertanyaan audience, dan meningkatkan brand awareness.

2. Situs web, aplikasi, dan blog

Jenis owned media ini pada dasarnya berfungsi sebagai aset digital brand yang mengatur konten untuk meraih engagement antara audience dengan brand. Ini karena situs web, aplikasi, dan blog merupakan hal pertama yang dilihat oleh audience ketika akan melihat lebih jauh tentang suatu brand. Fungsi dari situs web, aplikasi, dan blog adalah untuk memberikan informasi, tips, dan menyajikan pendapat tentang topik yang berkaitan dengan aktivitas brand.

3. Email marketing

Email marketing merupakan jenis owned media yang menggunakan email untuk mengirimkan pesan promosi atau informasi kepada audience. Menurut riset dari eMarketer, email marketing sangat efektif karena memiliki ROI (Return Of Investment) rata-rata 122% yang berarti empat kali lebih tinggi daripada saluran pemasaran digital lainnya. Email marketing tetap menjadi andalan brand untuk membantu mempromosikan produknya dan meningkatkan keterlibatan audience.

Itulah penjelasan singkat mengenai owned media yang harus diketahui oleh brand. Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu bisa hubungi Co&Act Creative Hub yang berlokasi di Kota Bogor. Hubungi Co&Act sekarang!