7 Hal yang Harus Dihindari Saat Membuat Brand Logo!

kesalahan membuat logo.jpg

sumber: marketing.co.id

Membuat brand logo tidaklah semudah yang terlihat. Terdapat proses yang panjang dalam merumuskan suatu desain logo yang akan menjadi brand identity kita. Logo dapat mewakilkan brand secara keseluruhan baik dari karakteristik sampai gambaran dari produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, penting bagi desainer untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari saat membuat brand logo. Berikut adalah 7 hal yang harus dihindari saat membuat brand logo, yaitu:

1. Melakukan Plagiarisme Secara Menyeluruh

Keunikan dan keaslian sebuah logo merupakan hal utama yang wajib menjadi fokus utama dalam pembuatan brand logo. Ketika desain brand logo menyerupai brand logo lain, maka brand kita akan dilihat sebagai produk tiruan oleh audience. Hal ini justru akan membuat reputasi brand kita menurun di mata audience. Penting bagi brand untuk melakukan riset dan mencari referensi sebelum membuat logo untuk menghindari kemiripan dengan logo brand lain. Plagiarisme merupakan kesalahan terbesar dalam sebuah karya seni dan sebuah bentuk pelanggaran hak cipta yang bisa berujung pada kasus hukum.

2. Penggunaan Tipografi yang Tidak Tepat

Tipografi adalah seni dalam menentukan font atau tampilan teks. Hal ini meliputi pemilihan jenis, ukuran font, dan desain tulisan sehingga menghasilkan tampilan yang mudah terbaca dan mudah dipahami oleh audience. Pembuatan logo dengan kreasi huruf yang unik dan berkarakter memang terasa lebih mudah. Pemilihan huruf biasanya dipadukan dengan warna yang sesuai dengan produk brand. Brand logo yang baik adalah logo yang tidak menggunakan font yang terlalu rumit sehingga sulit dibaca dan dipahami.

3. Tidak Menjelaskan Brand Identity

Salah satu kesalahan dalam pembuatan brand logo yang sering terjadi adalah logo tersebut tidak bisa menjelaskan identitas dari brand tersebut. Jika logo tidak bisa mewakili identitas dari brand, maka brand akan sulit dalam melakukan proses branding. Logo harus dibuat sesuai dengan jenis produk yang dipasarkan oleh brand. Dengan begitu, logo akan menjadi mudah diingat dan mudah diterima oleh target pasar yang dituju.

4. Pemilihan Warna yang Buruk

Seorang desainer harus berhati-hati saat memilih warna untuk logo. Karena, warna dapat mencerminkan nilai dari brand. pilihlah warna desain yang sesuai dengan kepribadian dan inti pesan dari suatu brand. Saat memilih skema warna dalam logo, harus ada sebuah alasan dan riset dibalik warna-warna tersebut. menggunakan warna yang terlalu berlebihan bisa membuat karakter brand menjadi tidak jelas dan akhirnya membuat audience menjadi tidak tertarik dengan brand kita.

5. Desain Logo yang Terlalu Rumit

Kesederhanaan bukanlah sesuatu hal yang jelek. Justru logo yang sederhana akan dianggap lebih menarik dan mudah diingat oleh audience. Terkadang keinginan brand untuk membuat desain logo yang unik justru membuat desain logo menjadi terlalu rumit. Semakin sederhana sebuah logo, semakin mudah logo diingat oleh audience. Meskipun sederhana, sebuah logo tetap harus punya ciri khas yang membedakannya dengan logo lain.

6. Terlalu Mengikuti Tren

Tren dalam dunia desain yang beragam bisa dijadikan acuan dalam membuat logo. Tetapi sebaiknya hindari membuat brand hanya karena mengikuti tren yang ada. Karena tren itu bersifat sementara. Padahal, dalam pembuatan logo seharusnya diperhatikan pula tujuan dan nilai dari brand. Jadi, logo tidak bisa dibuat hanya dengan meniru tren yang sedang ramai.

7. Tidak Mengikuti Keinginan Klien

Terkadang, desainer hanya membuat desain logo sesuai dengan preferensi pribadi, tanpa menghiraukan brief dari klien. Karena, logo digunakan dalam berbagai kegiatan marketing untuk membantu brand berkembang. Wajar jika seorang desainer ingin merancang sebuah desain sesuai dengan kepribadiannya, seperti dalam memilih jenis font, warna dan ikon. Tetapi, hal yang tidak boleh diabaikan adalah harus tetap mengacu pada keinginan dan brief dari klien.

Itulah 7 hal yang harus dihindari dalam membuat brand logo. Masih butuh bantuan dalam membuat brand logo? Tenang, Co&Act Creative Hub siap membantu kamu! Co&Act menawarkan jasa pembuatan desain kreatif yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan karakter brand kamu. Co&Act sudah berpengalaman dalam mengembangkan berbagai jenis desain kreatif seperti poster, carousel, motion video, dan lain-lain termasuk pembuatan brand logo! kamu bisa cek website Co&Act di connact.co.id atau di instagram @connact.id untuk melihat hasil desain kreatif buatan Co&Act. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi Co&Act sekarang!