Branding vs Marketing

branding-vs-marketing.png sumber: kerjayuk

Istilah Branding dan Marketing terkadang dianggap memiliki arti yang sama oleh orang-orang. Tetapi, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Branding adalah sesuatu yang dilakukan secara konsisten dan memerlukan waktu yang lama. Sementara, marketing adalah sesuatu yang dikerjakan dalam waktu singkat dan harus mengikuti tren yang ada. Berikut beberapa perbedaan dari branding dan marketing, yaitu:

1. Pengertian Branding dan Marketing

Sederhananya, branding adalah cara untuk mengenalkan brand kepada audience. Sedangkan marketing merupakan segala cara yang dilakukan brand agar produknya dapat terjual. Membangun branding bagi sebuah brand itu adalah sesuatu yang sulit. Dibutuhkan konsistensi, waktu, dan proses yang panjang agar brand dapat dikenal oleh audience. Dari branding yang panjang ini, dapat terbentuk loyalitas dari audience yang sangat berharga bagi brand.

BRANDING-VS-MARKETING 2.jpg sumber: brandsmartini

2. Skala Prioritas

Secara skala prioritas, branding lebih didahulukan ketimbang marketing. Karena branding itu berupa identitas yang ingin ditunjukkan kepada audience. Sementara marketing adalah tentang memasarkan segala hal yang dapat dijual termasuk produk dan identitas dari brand. Jadi, membangun identitas brand melalui branding adalah hal yang harus dirumuskan terlebih dahulu, baru kemudian strategi marketing-nya disusun.

3. Tujuan

Tujuan dari branding adalah:

  • Membangun kepercayaan audience terhadap sebuah brand
  • Menciptakan persepsi pada publik maupun audience yang menjadi target segmen
  • Membangun loyalitas audience terhadap sebuah brand

Sementara, tujuan dari marketing adalah:

  • Untuk mendapatkan perhatian dari audience terutama target segmen
  • Memfasilitasi keputusan pembelian calon audience
  • Mendorong audience untuk melakukan suatu tindakan yang berkaitan dengan brand, misalnya pembelian suatu produk

Intinya, branding adalah segala hal yang menjadi identitas dari sebuah brand, sementara marketing merupakan cara memasarkan produk dengan didasari oleh branding yang konsisten dan menarik bagi audience. Branding dan Marketing harus berjalan secara beriringan walaupun secara prakteknya hal ini membutuhkan usaha yang besar. Jika brand sudah memiliki branding yang kuat di mata audience, maka proses marketing menjadi lebih mudah dan hanya tinggal mengoptimalkan pemasarannya di berbagai media.

Branding yang kuat dapat membuat image dari brand tertanam dengan pasti di kepala audience. Masih bingung dengan perbedaan antara branding dan marketing? Dapatkan jawaban lebih lengkapnya di Co&Act Creative Hub. Hubungi Co&Act sekarang!