Membangun Relasi Dengan Social Media Listening

Social-media listening.png Sumber: Food&beverage Magazine

Social media listening adalah kegiatan untuk mendengarkan dan menampung pendapat dari konsumen mengenai layanan atau produk brand kita di media sosial. Social media listening merupakan bagian dari social media strategy, yaitu melakukan analisis dan evaluasi. Evaluasi bisa berasal dari konsumen yang merasakan secara langsung layanan atau produk dari brand kita. Cara ini efektif untuk mengetahui bagaimana posisi brand kita di mata audience.

Tujuan social media listening adalah merangkum semua komentar dari konsumen baik yang positif maupun negatif dan menentukan strategi pemasaran berikutnya. Dari hasil_ social media listening_, kita dapat mengembangkan strategi pemasaran berikutnya yang lebih baik. Social media listening meliputi kegiatan memperhatikan jumlah penyebutan brand, penyebutan tagar yang relevan dengan brand, melihat kembali tren yang sedang terjadi, dan melihat kondisi brand kompetitor.

Situs Sprout Social menyebutkan bahwa biasanya brand atau perusahaan melakukan social media listening untuk:

  1. Menganalisis kampanye bagaimana beresonansi dengan audience
  2. Mengetahui brand health untuk mengukur persepsi publik tentang merek.
  3. Menganalisis diskusi di industri bisnis perusahaan.
  4. Analisis apa yang kompetitor lakukan untuk mendapatkan sentimen positif.
  5. Memantau respon audience pada acara yang brand adakan.

Selain itu, social media listening membantu brand untuk menangani krisis atau komentar-komentar negatif di media sosial. Dengan melihat dan menganalisis situasi krisis yang terjadi di media sosial, brand bisa melakukan pencarian solusi terbaik agar situasi krisis yang terjadi dapat dilewati dengan baik dan nama baik brand dapat dipulihkan.

Beberapa tools yang biasanya digunakan untuk melakukan social media listening diantaranya adalah Sprout Social Listening, Talkwalker, Hootsuite, Mentionlytic, dan lain-lain.

Ingin tahu lebih dalam soal social media listening? Tenang, karena Co&Act siap menjawab semua rasa penasaran kamu tentang social media listening! Hubungi Co&Act sekarang!