7 Tips Menyusun Social Media Strategy, Pemula Wajib Tahu!

social-media-strategy-.png sumber: templatewise.com

Media sosial memiliki banyak audience yang sangat beragam dari segi usia, pendidikan, geografis, budaya, dan lain-lain. Karena itulah, dibutuhkan perencanaan yang matang dalam melakukan pemasaran di media sosial agar tujuan yang diinginkan tercapai secara efektif dan efisien. Strategi yang tepat akan membuat pemasaran brand bisa mencapai setiap audience yang ada di media sosial. Inilah tips untuk menyusun social media strategy yang tepat:

1. Menentukan Tujuan Yang Jelas

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menyusun social media strategy adalah menentukan tujuan yang jelas. Ini sangat penting karena dengan tujuan yang jelas, maka akan ada hasil yang dapat diukur dan ditinjau kembali apakah sudah sesuai dengan target yang direncanakan. Contoh tujuan dalam pemasaran di media sosial adalah meningkatkan brand awareness, engagement, reach, followers, dan lain-lain.

Setiap tujuan harus dibuat dengan konsep S.M.A.R.T (specific, measurable, attainable, relevant, attainable, relevant, dan time-bound). Evaluasi secara menyeluruh juga diperlukan agar kita bisa mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki atau diganti dari pemasaran di media sosial.

2. Menentukan dan Mengenali Target Audience

Dengan menentukan target audience, maka kita bisa menyusun pesan yang efektif kepada audience kita. Setelah itu, kita harus mengenali karakteristik dari target audience yang ingin kita capai, seperti usia, pendidikan, geografis, budaya, dan lain-lain. Dari hal-hal tersebut, baru kemudian kita bisa menentukan tema konten seperti apa yang cocok untuk diterapkan dalam pemasaran di media sosial.

Mengenali target audience secara spesifik akan memudahkan kita dalam meningkatkan hubungan dengan mereka sehingga akan terbentuk rasa loyalitas dari audience kepada brand kita. Gunakan berbagai tools untuk mengumpulkan data dan melakukan analisis sehingga karakteristik audience yang kita buat akurat.

3. Memilih Platform Yang Sesuai

memilih platform yang sesuai.jpg sumber: meson-digital

Ada banyak platform media sosial yang tersedia untuk dipilih sebagai media pemasaran brand kita. Setiap platform memiliki karakteristik audience yang berbeda sehingga cara mengelola pemasarannya pun berbeda. Isi dan format konten harus disesuaikan dengan platform media sosial yang kita pilih agar mendapatkan engagement sebanyak mungkin.

4. Riset Kompetitor

Melakukan riset terhadap kompetitor berguna untuk melihat teknik pemasaran yang berhasil dan tidak berhasil. Selain itu, kita bisa melihat celah yang dapat dimanfaatkan dalam pemasaran brand kita. Dengan menemukan kekurangan dari brand kompetitor, kita dapat melakukan pemasaran yang efektif dan berbeda dari kompetitor.

5. Membuat Perencanaan Konten

perencanaan konten.jpg sumber: wearesculpt

Konten yang ingin di-upload harus direncanakan secara rinci mulai dari isi kontennya, format konten, dan waktu untuk meng-upload nya. Penyusunan jadwal konten juga penting untuk menjaga kehadiran brand kita di mata audience. Selain itu, kita harus menemukan waktu-waktu target audience aktif dalam mengakses media sosial.

6. Mengoptimasi Konten Media Sosial

Untuk memaksimalkan konten di media sosial agar mencapai target audience sebanyak mungkin, dibutuhkan optimasi maksimal untuk mencapai jangkauan yang lebih luas. Ada 2 cara yang biasanya digunakan untuk mengoptimasi konten media sosial, yaitu iklan berbayar (paid advertising) atau merekrut influencer.

Iklan berbayar adalah cara yang cepat untuk menemukan dan membangun bisnis. Iklan akan membantu brand menjangkau lebih banyak audience. Ketahui bagaimana posisi brand untuk menentukan objektif yang tepat sehingga eksekusinya bisa berjalan sesuai harapan.

Sementara dengan menggunakan influencer, kita bisa menjangkau target audience secara lebih mudah. Pilih kategori influencer yang sesuai dengan produk atau layanan brand kita. Dengan influencer yang tepat, kita bisa mengumpulkan audience yang tepat pula dalam waktu singkat.

7.Melakukan Evaluasi dan Analisis

Jangan lupa untuk mengevaluasi dan menganalisis dari kegiatan pemasaran di media sosial. Pantau terus progress dan hasil dari pemasaran yang kita lakukan. Dengan demikian, kita bisa membuat konten untuk pemasaran yang lebih baik di kemudian hari.

Itulah tips untuk menyusun social media strategy yang tepat dan efektif. Untuk lebih rincinya, kamu bisa tanyakan ke Co&Act Creative Hub yang siap membantu kamu untuk menyusun social media strategy sesuai dengan tujuan brand kamu. Hubungi Co&Act sekarang!