Jenis-Jenis Digital Ads

Iklan digital atau digital ads adalah iklan yang dipasarkan melalui media online seperti media sosial, web, blog, aplikasi online, dan lain-lain. Digital ads terdiri dari berbagai jenis yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan keinginan brand, yaitu sebagai berikut:

  1. SEM (Search Engine Marketing)

1.jpg sumber: freepik

Search Engine Marketing atau SEM adalah iklan yang didasari oleh penggunaan keywords dalam mesin pencarian di internet. SEM meliputi 2 hal, yaitu Paid-Per-Click (PPC) dan Search Engine Optimization (SEO). Tujuan SEM adalah untuk memunculkan iklan pada halaman pertama dari hasil pencarian keywords di mesin pencari. Contoh dari SEM adalah Google Shopping Ads. Google Shopping Ads akan memunculkan produk atau jasa lengkap beserta gambar dan harganya. Selain itu, penggunaan Google Shopping Ads terbilang cukup mudah dan efektif dalam mempromosikan produk atau jasa.

  1. Display Ads

display ads.png

sumber: blueadz

Display Ads atau iklan bergambar adalah iklan digital yang terdiri dari gambar dan teks. Display Ads ini bisa berupa pop-up ads, spanduk, flash ad yang biasanya muncul di web atau blog, dan lain-lain. Fokus dari Display Ads adalah untuk meningkatkan brand awareness dari audience. Display Ads biasanya digunakan oleh brand yang belum terkenal dan belum memiliki target audience yang jelas.

  1. Social Media Ads

Social-media-ads.jpeg sumber: 99designs

Social Media Ads adalah iklan yang ditayangkan pada platform media sosial seperti Instagram, Facebook, X (dulunya Twitter), Tiktok, dan media sosial lainnya. Media sosial saat ini memberi peluang usaha yang besar karena media sosial diakses setiap hari oleh audience selama 24 jam nonstop. Terlebih, jumlah pengguna media sosial terus mengalami kenaikan sehingga potensi audience yang melihat iklan suatu brand semakin meningkat. Untuk mengoptimalkan iklan di media sosial, sebaiknya platform media sosial yang dipilih harus sesuai dengan target audience yang ingin dicapai. Karena itu dibutuhkan social media maintenance yang baik agar iklan yang ditayangkan di media sosial bisa mendapat hasil yang maksimal.

  1. Video Ads

video ads.jpg sumber: oko.uk

Video Ads adalah jenis iklan yang dianggap efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Meski pembuatannya lebih sulit dan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan display ads, tetapi Video Ads sering dipilih karena brand dapat menuangkan seluruh kreativitas yang dimiliki dengan menggabungkan unsur video dan audio.

  1. Email Marketing

email marketing.jpg sumber: exabytes

Email Marketing biasanya ditujukan kepada audience yang sudah memiliki ketertarikan terhadap suatu brand, sehingga brand mengirimkan promosi produk atau jasa terbaru melalui email. Brand akan membuat daftar dari email audience yang hampir setiap harinya akan dikirimi promo terbaru dari brand tersebut. Email yang dikirim harus memuat pesan yang mengajak audience untuk melakukan aksi yang mempengaruhi brand.

Semua jenis digital ads di atas bisa kamu buat bersama Co&Act. Co&Act siap membantu kamu untuk membuat digital ads jenis apapun sesuai dengan kebutuhan brand-mu. Hubungi Co&Act sekarang!